Dalam dunia usaha memang terkadang aneh, sifat konsumenpun juga aneh. terlebih Indonesia yang memiliki banyak ragam budaya dan gaya hidup yang terkadang bagi sebagian orang di anggap nyeleneh. Namun demikian Indonesia adalah Surganya Usaha bagi sebagian orang-orang yang memiliki kreatifitas tinggi. Dan tentunya mahal dan tidak suatu produk adalah berdasarkancsejauh mana tingkat kreatifitas sesorang dan menciptakan hal yang baru.
Meski dalam kenyataannya, kebanyakan masyarakat indonesia adalah masyarakat yang selalu dipenuhi dengan rasa penasaran yang cukup tinggi akan segala sesuatu, maka tak ayal hal tersebut menjadi daya pikat tersendiri bagi kalangan investor dan usahawan, baik skala kecil maupun menengah atau bahkan papan atas.
Pada dasarnya msyarakat Indonesia saat ini tengah beranjak dari keterpurukan ekonomi masyarakatnya di tingkat bawah menuju pertumbuhan perekonomian ke level selanjutnya, sehingga memungkinkan usaha apapun bisa berjalan dengan baik, tapi tentunya kita harus bisa memilih usaha apa yang cocok dan bisa bertahan cukup lama.
untuk skala rumahan, kita ambil contoh bidang usaha yang mungkin saat ini sudah banyak ditinggalkan justru oleh orang - orang yang biasa membuat, baik hanya untuk konsumsi keluarga saja, atau hanya sekedar mencari tambahan uang jajan dengan cara menitipkannya di warung-warung tetangga, yaitu usaha keripik pisang, atau keripik singkong. Padahal tingkat efektifitas produk tersebut cukup mumpuni dalam menambah pundi-pundi keuangan keluarga. Bagaimana tidak di kampung harga pisang setandan kisaran 10-20 rb. sementara hasil keripik yang diperoleh dari satu tandan pisang, minimal menghasilkan 100 bungkus dengan harga jual 1000 rupiah. Maka dapat anda bayangkan berapa hasil yang bisa anda peroleh dengan dalam usaha ini? hmmm
Hanya saja dalam kaitannya dengan usaha rumahan seperti ini, inovasi dan kreatifitas menciptakan rasa dan bentuk yang unik tentu sangat diperlukan, mengingat masyarakat kita termasuk masyarakat yang mudah bosen. Oleh karena itu varian rasa maupun bentuk menjadi hal penting untuk menghilangkan kebosanan konsumen,
NAH .... Itu hanya sebagai intro saja bro, lalu sesuai judul di atas, mungkin enggak orang usaha bermodalkan 2ribu perak lalu bisa dirubah menjadi 20rb sebagai hasilnya?????
Lalu siapa saja yang bisa melakukannya?
Usaha ini pastinya bisa dilakukan oleh siapa saja, hanya tentu saja semua prosesnya harus dikerjakan sendiri. Tapi saya fikir okelah...., toh memang modalnya kecil dan menginginkan keuntungan besar, maka tentu harus dikerjakan sendiri. Sebab jika dikerjakan oleh orang lain tentu hasilnya akan terotong oleh ongkos, ya kaaan?
oke kita mulai saja
untuk saat ini saya mohon maaf, karena hanya bisa memaparkan satu jenis usaha saja yang bermodalkan sekecil ini.
Anda tahu vco?
ya, Minyak kelapa yang dihasilkan dari fermentasi atau cara lain tanpa melalui pemanasan. Nah karena Vco berbahan dasar Kelapa maka tentu harga kelapa yang menjadi patokan modal yang akan kita keluarkan.
masa iya sih, kelapa 2 ribu? padahal klo beli di pasar paling murah juga 7 ribu. Ya betul sekali klo di pasar harganya kisaran 7 sampai 10 rb. lho kok bisa anda bilang 2 ribu? ya tentunya beli kelapanya jangan di pasar tapi dari petani langsung, ngambil sendiri, ngupas sendiri, lalu parut sendiri.
lalu bagaimana cara merubah kelapa parut menjadi vco?. ya tentu itu memerlukan pengalaman khusus, hanya saja sebetulnya banyak sekali tutorial tentang hal tersebut, tinggal try n try Oceee?!!!
Biasanya untuk satu butir kelapa mampu menghasilkan satu botol ukuran 60-100ml.
setelah jadi, nah anda jual sendiri ke konsumen, Berapa harga pasaran untuk harga 60-100ml?
SELAMAT BERJUANG, SEMOGA BERHASIL
MAN JADDA WAJADA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar